songa rafting,songa rafting harga,songa rafting malang,songa rafting east java,songa rafting indonesia,songa rafting gending,songa rafting probolinggo,songa rafting adventure,songa rafting alamat,harga paket rafting songa adventure,rafting songa atas probolinggo,harga rafting songa adventure,harga rafting songa atas,paket rafting songa adventure,biaya rafting songa adventure,harga songa adventure rafting probolinggo,songa rafting biaya,rafting songa bawah

www.songa-rafting.com , 0853 1109 1054

SONGA RAFTING ADVENTURE

Sabtu dan Minggu (4-5/4) lalu suasana di base camp Songa Rafting di Desa Condong, Gading, ramai orang. Ratusan orang berkumpul di tempat itu. Sebagian besar dari mereka adalah para tamu dari daerah-daerah di Jatim. Mereka diundang dalam rangka ikut serta memecahkan rekor MURI rafting  hari jadi ke-263 Kabupaten Probolinggo.

Base camp Songa Rafting Probolinggo menjadi multifungsi. Pendapa disulap jadi gedung bioskop dadakan. Tak jauh dari situ didirikan juga pentas untuk pagelaran seni. Kru Songa Rafting hilir mudik menyiapkan acara.

Managing Director Songa Rafting Imam Santoso menyatakan pihaknya sudah menyiapkan diri sebagai tuan rumah rafting sejak 3 bulan sebelum acara. “Ini adalah kegiatan sinergitas antara Disbudpar Provinsi Jatim, Pemkab Probolinggo dan PT Songa. Jadi, sejak awal kami sudah menyiapkan diri sewaktu dicetuskan ide rafting pecah rekor MURI ini,” ujar Imam Santosa.

Tugas utama Songa Rafting ialah menyiapkan semua  perangkat untuk penyelenggaraan rafting. Yakni perahu sebanyak 100 buah, peralatan rafting sebanyak 600 buah, serta menyiapkan SDM untuk menunjang acara.

Yang paling jadi masalah adalah penyediaan perahu. Songa Rafting tidak memiliki peralatan rafting dengan jumlah banyak. Songa hanya mempunyai 51 perahu karet. Jadi jumlah perahu tersebut tidak mencukupi untuk mencatatkan diri sebagai pemegang rekor MURI dengan 100 perahu.

Tapi, Songa Rafting  tidak kehabisan cara. “Saya mengontak beberapa teman yang juga menggeluti bisnis rafting untuk menyewa perahu karet mereka. Ini bukanlah pekerjaan mudah karena kami menyewa saat weekend. Saat itu sedang ramai-ramainya tempat rafting di beberapa wilayah. Jadi perlu merayu agar meraka mau menyewakan perahunya,” beber Imam.

Dari operator di Bali mendapatkan pinjaman 25 perahu. Dari operator rafting di Jogja dapat 6 perahu, dari opreator di Jakarta 10 perahu dan operator di Bandung 10 perahu. Jumlah tersebut melebihi target semula yakni 100 perahu tepatnya 102 perahu. Tetapi kesemuanya itu bukanlah sekedar meminjam, namun menyewa

Tetapi karena menyewa pada kenalan sendiri, Imam mengaku mendapatkan harga yang cukup murah. Tidak akan didapatkan oleh orang dari umum. Setiap perahu disewa 500 ribu perhari. Imam mengaku menyewa perahu tersebut selama sehari. Menyewa perahu lengkap dengan perlengkapan rafting. Yakni helm, rompi pelampung dan dayung.

Selain menyiapkan perahu, guide juga harus dipenuhi. Satu perahu membutuhkan satu guide. Jadi untuk memberangkatkan 102 perahu, diperlukan guide sebanyak 102 juga. Sementara Songa sendiri memiliki guide sebanyak 60.

Untuk kekurangannya, Imam telah mengontak guide di beberapa operator rafting di Jatim dan juga Mapala (mahasiswa pecinta alam) se-Jatim. Akhirnya didapatkan 150 guide untuk acara rafting. Untuk ongkos mendatangkan guide, Imam enggan berbicara banyak. Acara ini diselenggarakan.

”Tamunya dalam rafting kali ini kebanyakan adalah orang-orang penting. Walaupun tempat raftingnya tidak di Songa Rafting atas (Ranugedang-Pesawahan) namun tetap saja kami harus ekstra waspada karena kebanyakan tamu adalah pejabat. Guide untuk tamu VIP sendiri itu sudah diseleksi,”ujar Adi.

Lokasi rafting yang memecahkan rekor adalah di Songa Rafting bawah dengan rute Pesawahan, Tiris-Condong, Gading. Rute ini dijelaskan rintangannya lebih mudah dibanding rute atas. Songa sendiri membuka 2 tempat. Yakni rute atas (Ranugedang-Pesawahan) dan rute bawah (Pesawahan, Tiris-Condong-Gading). Rekor MURI ini juga bertujuan untuk menarik wisatawan mengunjungi tempat wisata probolinggo selain songa rafting ini.

Hasil kerja keras itu akhirnya terbayar. Minggu itu rekor MURI terpecahkan dengan jumlah peserta rafting dan perahu terbanyak. Rencana semula adalah 600 peserta dengan 100 perahu. Tapi dalam praktiknya berkembang jadi 610 orang dengan 102 perahu. Songa Rafting pun mendapat sertifikat MURI sebagai fasilitator.

Olah raga rafting sendiri diakui saat ini semakin mengalami kenaikan tiap tahunnya. Pada tahun 2007 Songa mencatat ada 14 ribu pengunjung. Pada 2008 meningkat menjadi 18 ribu tamu. Tahun ini, diharapkan bisa mencapai 25 ribu pengunjung, terutama setelah ada pemecahan rekor MURI.

Untuk pemesanan rafting di Songa Rafting Probolinggo, Noars Rafting, Regulo Rafting, Rafting Kasembon Malang, Rafting Kaliwatu Batu, Batu Alam Rafting, Pacet Rafting, Kediri Rafting dan rafting di daerah yang lain.

Untuk konsultasi Training Motivasi Jawa Timur, Outbound Jawa Timur, Wisata Probolinggo, Travel di Jatim dan Hotel di Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876

SURABAYA

Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya

Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238

No. Telp : 0341 5032699

Pin BB : 5E0C2C45

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *